Jumat, 21 Agustus 2015

TRISKAIDEKAPHOBIA (ketakutan terhadap angka 13) dan pengaruhnya terhadap ekonomi Amerika.

Salah satu karakteristik masyarakat modern adalah tidak percaya dengan takhayul, anggapan seperti ini tidak selalu benar, pada Februari 1987 Smithsonian Magazine (majalah yang dibentuk oleh Edward K Thompson, pensiunan editor majalah LIFE) merilis sebuah artikel berjudul "TRISKAIDEKAPHOBIA", yang diambil dari bahasa Yunani,(Tris berarti "3", kai berarti "dan", deka berarti "10" dan Phobia berarti takut) jadi secara harfiah TRISKAIDEKAPHOBIA berarti ketakutan terhadap angka 13


Psikososiolog Paul Hoffman melaporkan hasil risetnya, bahwa sebagai akibat dari nama ruwet tersebut, Setiap tahunnya, Amerika Serikat mengalami kerugian minimal satu bilion dollar. kerugian ini disebabkan oleh Absenteisme, Pembatalan perjalanan darat, udara dan laut. yang membuat ekonomi, industri dan bisnis mengalami kemerosotan pada setiap tanggal 13 pada tiap bulannya. kondisi ini makin parah jika angka 13 kebetulan bertepatan dengan hari Jum'`at. namun dari satu sisi hal ini pula yang membuat fil "Friday The 13th) sangat laris di Amerika, diproduksi serial beruntun.

Pengaruh angka 13 ini juga mempengaruhi salah satu orang terkaya, "Paul Getty" hingga Franklin D Roosevelt selalu dengan tegas menolak hadir dalam acara resmi yang dihadiri oleh 13 belas orang.

Tidak ada komentar: