Jumat, 07 Agustus 2015

singkatan yang kepanjangannya kadang jarang diketahui

WIFI
wireless Fidelity


Sebuah teknologi terkenal yang memanfaat peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi internet berkecepatan tinggi.
Wi-Fi Alliance mendefinisikan Wi-fi sebagai "produk jaringan wilayah lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada "Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11" (wikipedia).

yahoo
Yet another Hierarchical Officious Oracle
Kata yahoo awalnya hanya merupakan sebuah bookmark (petunjuk halaman buku) yang dibuat oleh dua orang alumni universitas stanford, Fillo & yang. mereka menggunakan kata ini karena menyukai definisi umum dari kata - kata tersebut yang berasal dari Gulliver`s Travels oleh Jonathan Swift "rud-kuat-, Unsophisticated- sederhana-. dan uncouth-kasar-).


Domain yahoo.com dibuat pada 18 Januari 1995. menyadari potensi besar dari website ini, mereka ahirnya meresmikannya menjadi sebuah badan hubkum pada 1 Maret 1995.



OK
Oll Korrect / Oll Kinderhook

 Pada saat pemilu di New York, seorang kandidat yang bernama Martin Van Buren menggunakan kata OK sebagai slogan. Karena Van Burren sendiri dipanggil dengan "Old Kinderhook" , maka pendukungnya membentuk gorup yang bernama " OK Club". yang merupakan singkatan dengan makna ganda yaitu Oll Korrect/Oll Kinderhook ^^.


Laser
Light Amplifiation by Stimulated Emmission Radiation

Light Amplifiation by Stimulated Emmission Radiation memiliki arti "sinar yang dapat menembus benda keras sekalipun:.
Awalnya para ahli menyebutnya sebagai MASER ( Microwave amplification by the Stimulation Emmision Radiation). yang dianggap pertama kali mengungkapkan keberadaan MASER adalah Albert Einstein pada 1916-1917.
Laser sendiri berfungsi memperkuat cahaya, dapat mengambil cahaya yang lemah dan mengubahnya menjadi cahaya yang kuat. beberapa laser dapat membakar lubang kecil pada selembar besi dalam hitungan apapun


VW
Volks Wagen


merupakan sebuah pabrikan otomotif berbasis di Wolsburg, Lower Saxony, Jerman.  yangi didirikan oleh serikat buruh jerman "Deutsche Arbeitsfront"  pada 1937.
Volks Wagen sendiri berasal dari Bahasa Belanda yang artinya  "kendaraan untuk rakyat".



HVS
Hout Vrij Schrift/HoutVrij Schriftpaper

merupakan kata serapan dari bahasa belanda yang berarti sejenis kertas untuk buku tulis/kertas bebas serat kayu. merupakan jenis kertas yang dibuat dari pulp (bubur kertas) yang tidak mengandung lignin (perekat antara serat didalam pohon,  kertas jenis ini tidak mudah berubah warna menjadi kekuningan seperti kertas lain, apabila terkena sinar matahari atau lampu.



Robot
Residents Official Board of Tehcnology



Pada kamus Webster pengertian robot adalah

An automatic device that performs function ordinarily ascribed to human beings
(sebuah alat otomatis yang melakukan fungsi berdasarkan kebutuhan manusia)

Dari kamus Oxford diperoleh pengertian robot adalah:
A machine capable of carrying out a complex series of actions automatically, especially one programmed by a computer.
(Sebuah mesin yang mampu melakukan serangkaian tugas rumit secara otomatis, terutama yang diprogram oleh komputer)
Pengertian dari Webster mengacu pada pemahaman banyak orang bahwa robot melakukan tugas manusia, sedangkan pengertian dari Oxford lebih umum. (wikipedia).


NB

Nota Bene

Berasal dari kata belanda yang artinya tambahan pada ahir surat.


ROTFL/ROTFL
Rolling On Floor Laughing/Rolling On The Floor Laughing





Tidak ada komentar: