Minggu, 16 Agustus 2015

Luwuk Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah


Luwuk 26 - 29 juni 2010.






Perjalanan dinas saya kali ini bukan untuk melakukan investigasi atau pemeriksaan khusus, namun untuk menjadi trainer pada program "Fraud Induction" untuk karyawan. karena tujuannya hanya mengajar jadi saya hanya memiliki waktu sekitar dua hari untuk mengenal kota luwuk.

Sekilas tentang luwuk:
secara administrai Luwuk merupakan ibukota dari kabupaten Banggai Sulawesi Tengah, jaraknya dari kota Palu adalah sekitar 607 km, memiliki mota "Luwuk Berair = Bersih, aman, indah dan rapi" kota ini diproyeksikan menjadi pusat administrasi sulawesi timur dimasa depan.
secara Etimologi, Luwuk berasal dari kata Luwok, huk yang berarti teluk. pada tahun 1906 kota ini pernah menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda, ibu kota "afdeling"Sulawesi bagian timur. dan ditahun 1942 Luwuk menjadi kota pemerintahan jepang dengan nama "Bunken Kanrikan".
suku asli dari kota luwuk adalah 

Akses ke kota luwuk
Untuk datang ke Luwuk dapat menggunakan perjalanan darat dari Palu melewati "Parigi"-"Tolai"- "Poso"- "Ampana" baru luwuk yang memakan waktu sekitar 12 jam, ( jalur  ini saya ambil saat melakukan investigasi ke kota Ampana tojo una-una), atau melewati laut, ini karena luwuk merupakan kota pelabuhan. namun untuk perjalanan dinas kali ini saya mengambil jalur yang lebih singkat yaitu menggunakan pesawat dari Jakarta transit di Makassar sekitar 30 menit.
bandara Luwuk sendiri tergolong baru yang dibangun di tepi pantai dan memiliki ruang tunggu VIP yang berdiri diatas laut dengan jembatan yang dibangun melewati jalan raya.

Penginapan:
Anda tidak perlu khawatir mengenai penginapan di kota Luwuk, dikota ini terdapat banyak penginapan dan hotel dari kelas melati sampai hotel berbintang seperti Istana hotel (bintang 3), Estrella Hotel (bintang 3) dan Aston (bintang 4).

Makanan khas Luwuk:
Untuk makanan saya hanya sempat mencoba "Milu Siram ala Luwuk"  makanan ini dibuat dari jagung yang ditambah dengan ikan tongkol kadang ikan tuna.

Tempat yang bisa dikunjungi
kalau anda memiliki cukup waktu untuk menikmati kota Luwuk dan sekitarnya, ada beberapa tempat yang bisa anda kunjungi dintaranya :
  • Suaka Margasatwa Bangkirang ; letaknya sekitar 56 km dari kota luwuk, ditempati anda dapat melihat langsung burung Maleo (Macrocephalon Maleo) atau sengkawor  dalam bahasa sulawesi yang unik dan langka karena bisa menghasilkan telur yang berukuran besar. berat telur burung Maleo bisa mencapai 240 hingga 270 gram. ukuran tubuhnya sendiri sekitar 56 cm. burung ini termasuk burung monogami dan kemana-mana selalu bersama dengan pasangannya sampai meninggal,burung unik ini diperkirakan memiliki populasi tinggal 4000 ekor, jumlahnya menurun drastis sekitar 90 % sejak tahun 1950. keunikan lainnya adalah,  anak burung Maleo sudah dapat terbang sejak baru menetas.

  • Ondorneming Tobelombang : Jika anda menyukai sejarah, desa ini merupakan salah satu tempat yang harus anda kunjungi karena pernah menjadi pusat perkebunan Hindia belanda pada tahun 1915, letaknya dikecamatan Nuhon.
  • Suaka Margasatwa Salodik:Terletak sekitar 27 km dari kota luwuk dan dapat dicapai dengan perjalanan darat sekitar 40 menit. karena pemandangannya yang indah pemerintahan Hindia Belanda pernah mendirikan pesanggrahan di tempat ini. daya tarik utamanya adalah air terjun yang bersusun-susun.



  • Air Terjun Hanga-hanga : Ini adalah sumber air tawar dengan suasana yang segar dan indah, terletak di dekat pusat kota luwuk yaitu di kelurahan hanga-hanga.
















  • Pantai Kilo Lima : Merupakan pantai dengan air yang sangat jernih, pantai ini menjadi pusat rekreasi keluarga masyarakat luwuk, berikut foto pantai yang saya ambil dari pesawat.















Keindahan kota luwuk dilihat dari atas, saya lupa nama tempatnya ^^ disini terdapat restoran yang digunakan oleh masyarakat dan pengunjung kota luwuk untuk menikmati suasana malam di kota ini.

Tidak ada komentar: