Minggu, 23 Agustus 2015

fakta unik tentang indonesia

Pulau Benggala

Pulau inilah yang sebenarnya menjadi pulau terluar diujung barat Indonesia, bukan pulau Weh seperti pemahaman kebanyakan orang selama ini. dilihat dari koordinatnya Pulau Weh terletak pada koordinat 5° 55′ Lintang Utara (LU) dan 95° 0′ Bujur Timur (BT). sedangkan Pulau Benggala terletak pada koordinat 5° 47′ Lintang Utara (LU), dan 94° 58′ Bujur Timur (BT). lebar pulau ini hanya sekitar 4 hektare dengan titik tertinggi sekitar 14 m dari permukaan laut.

Pulau Benggala dapat di capai dengan menggunakan boat dari Banda Aceh dengan waktu tempuh sekitar 7 jam atau sektiar 3 jam dari pulau Weh.

untuk lebih jelasnya coba perhatikan peta dibawah :


Tambang Emas terbesar di dunia "Freeport"

Tambang emas terbesar di dunia dan tambang tembaga terbesar ketiga didunia ada di indonesia. berdasarkan komposisi saham, PT Freeport indonesa ( anak perusahaan Freeport McMoran Coppert & Gold) sebesar Rp 67 %, Rio Tinto Group (perusahaan multinasional yang bermarkas di London, Inggris dan Melbourne, Australia) sebesar 13 %, Pemerintah indonesia sebesar 9.3 %, dan terahir PT Indocopper Investama Corporation sebesar 9 %.

Konon untuk membangun tambang ini menghabiskan biaya sebesar USD 3 Miliar. sejak kontraknya ditandatangani pada tahun 1967, freseport telah menghasilkan emas sebanyak 724,7 juta ton dan tembaga sebanyak 7.3 juta ton, (silahkan hitung nilainya dalam rupiah.) update terahir pada tahun 2004 tambang freeport masih memiliki cadangan emas 46 juta ons!!. (Wikipedia).

Tambang ini sendiri ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1936 oleh Jean-Jacquez Dozy (seorang geologist dari belanda) yang saat itu sedang ditugaskan untuk menskala glasir pegunungan Jaya wijaya.


Pulau Sulawesi

Sejak jaman es, pulau ini tidak pernah menjadi bagian benua manapun, inilah yang membuat beberapa satwa langka hanya berada di sulawesi dan tidak dapat ditemukan dibelahan dunia yang lain.
3 satwa langka dari sulawesi adalah :
  • Anoa, terdiri dari Anoa pegunungan (Bubalus Quarlesi) dan Anoa Dataran rendah (Bubalus depressicornis).

  • Kera Tarsius

  • Burung Maleo

Selain Satwa, di sulawesi juga tumbuh pohon unik yang batangnya seperti dicat yaitu : Eucalyptus deglupta atau rainbow eucalyptus dan kayu hitam 

Eucalyptus deglupta atau rainbow eucalyptus 

kayu hitam (dyospiros celebica)


Letusan terbesar di dunia/ super Volcano.

Gunung berapi di Indonesia merupakan pertemuan dari 2 rangkaian gunung bera.pi, (bagian dari lingkaran api pasifik),  Indonesia diketahui memiliki 400 gunung berapi dan 130 diantaranya masih aktif 



Tercatat bahwa di indonesia terdapat dua super volcano, yaitu Toba Eruption  dan Tambora Eruption

Perbandingan letusan 


Suku Bangsa terbanyak di dunia.

Terbentuk dari 740 suku bangsa/etnis (583 bahasa daerah) menjadikan indonesia sebagai negara dengan suku bangsa terbanyak didunia.

Negara kepulauan terbesar di dunia

Memiliki 17.508 pulau menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, empat pulau diantaranya dimiliki  bersama dengan negara lain yaitu, pulau papua yang dikuasai oleh Indonesia dan Papua Nugini, Pulau kalimantan yang dikuasai oleh Indonesia, Malaysia dan Brunei Darusalam, Pulau Timor dikuasai oleh Indonesia dan Timor Leste, dan terahir Pulau Sebatik yang dikuasai oleh Indonesia dan Malaysia.

Bahasa Indonesia dipelajari di 45 negara dan menjadi Bahasa Resmi kedua di Vietnam.



Tidak kurang dari 45 negara tercatat menjadikan bahasa indonesia menjadi bahasa pelajaran di sekolah, negara-negara tersebut diantaranya adalah : Amerika Serikat, Australia, Kanada dan Vietnam.


Pada Desember 2007 pemerintah Vietnam mengumumkan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa kedua yang digunakan dinegara tersebut, sejajar dengan bahasa Inggris, Perancis dan Jepang.

Pantai Plengkung (Plengkung beach) atau G-Land

Pantai ini disebut dengan G-Land karena bentangannya membentuk huruf G, apabila dilihat dari atas, Pantai ini menjadi istimewa karena memiliki ombak tertinggi kedua didunia dan ombak terpanjang didunia.





Kopi Luwak Termahal di Dunia

Kopi yang terbentuk dari fermentasi kopi didalam perut Luwak ini tercatat sebagai kopi termahal di dunia, harganya bisa menembus USD 200 atau sekitar 2.2 juta/kg (detik Finance, 08/10/2014).
kopi ini menjadi mahal karena sangat diminati di seluruh dunia, namun kapasitas produksinya tidak bisa digenjot karena proses produksinyao tergantung dari luwak dan luwak sendiri tidak bisa dipaksa makan terlalu banyak, sedangkan kopi lain bisa digenjot produksinya dengan cara menanam.


Borobudur Candi Terbesar didunia sekaligus Monumen Budha terbesar didunia

Candi yang dibangun pada sekitar tahun 800-an Masehi ini dihiasi oleh 2.672 relief dan aslinya memiliki 504 Arca Budha menjadikan candi ini sebagai candi dengan relief Budha terlengkap di dunia

Laksamana Keumalahayati /Admiral Keumalahayati (Guardian of the Aceh Kingdom)

Pada periode 1580 - 1604, laksamana Keumalahayati menjabat sebagai kepala barisan pengawal istana pengawal rahasia dan panglima protokol pada masa pemerintahan sultan Saidin Mukammil Alaudin Riayay Syah, memimpin 2000 pasukan Inoen Balae (janda janda perang).pada periode yang sama sebagian negara di eropa dan amerika masih memperjuangkan emansipasi wanita.

Pada 11 September 1599, Keumalahayati berhasil membunuh komandan ekspedisi belanda Cornellis de Houtman pada pertempuran satu lawan satu diatas dek kapal.

Pada Juni 1601, Pasukan Keumalahati menangkap admiral Jacob Van Neck saat berlayar di perairan aceh. sebagai pembalasan atas dirampok dan ditenggelamkannya kapal dagang Aceh oleh Angkatan laut belanda yang dipimpin oleh Paulus Van Carden. pemerintah belanda ahirnya mengirimkan dua admiral untuk meminta maaf.

Karena kemampuan dan kehebatannya membuat Admiral Keumalahayati diakui dunia sebagai "10 Best Woman Warior dan satu dari 7 Greatest Warlord Woman in History".(acdemia.edu)








Tidak ada komentar: