Jumat, 21 Agustus 2015

Tokoh dan Ilmuwan "Gila" dunia, dari "Child of Light", "Penantang Tuhan bermain catur" hingga "Nabi perubahan Iklim"


Kelakukan yang cenderung aneh, dan nyentrik membuat mereka dikenal sebagai ilmuwan "gila", koruptor "gila" dll, sebagian disebut  sebagai "Child of Light " hingga "Nabi perubahan iklim", siapa sajakah mereka,? :
"

Wilhelm Steinitz (17 Mei 1836 - 12 Agustus 1900)

Number of games in database: 894
Years covered: 1859 to 1899
Overall record: +459 -191 =158 (66.6%)*

* Overall winning percentage = (wins+draws/2) / total games
Based on games in the database; may be incomplete.
86 exhibition games, odds games, etc. are excluded from this statistic."


Pada masa jayanya Wilima Steinits adalah salah satu pemain catur paling cemerlang di dunia. namun semakin tua, dia secara perlahan dijangkiti oleh kegilaan, dan sering merasa bahwa dia dapat menelpon seseorang tanpa menggunakan telepon, ataupun bermain catur tanpa bidak.

Dipuncak kegilaannya Wilhelm mengumumkan kepada masyarakat luas, bahwa dia hendak menantang tuhan untuk bermain catur, lebih parah lagi, dia menawarkan fur 1 bidak pada pertandingan tersebut.


Wernher Von Braun
Dilahirkan di Wyrzysk Polandia pada 23 Maret 1912, pada usia 12 tahun Wernher sudah "cukup gila" karena meledakan gudang mainannya dengan kembang api, namun justru dari ledakan gudang inilah yang memunculkan idenya untuk membuat roket, yang dikemudian hari membuat Hilter menganugerahinya gelar profesor pada umur 31 tahun.


Pada ahir perang dunia kedua Wernher dan sekitar 500 ilmuwan roket lainnya menyerahkan diri dan diterbangkan ke Amerika melalui operasi "Paperclip". disana dia bekerja untuk NASA dan resmi menjadi warga Amerika sepuluh tahun kemudian.

Wernher juga merupakan salah satu dari pengembang Roket V-2 (roket pertama yang menembus ruang angkasa) dan roket "Saturn - V) . Roket pertama yang membawa manusia kebulan pada tahun 1969.



John Whiteside Parson
dilahirkan pada 02 Oktober 1914,  hampir tanpa pendidikan formal, John Parson merupakan  peneliti propulsi roket  di Institut Teknologi California, John Parson juga merupakan salah satu dari pendiri dari Jet Propulsion Laboratory (JPL). Memiliki bakat yang luar biasa pada banyak hal yang berbau ilmiah terutama di bidang kimia, kemampuannya mengembangkan bahan bakar roket sukses mengantarkan Amerika pada perang dunia kedua.

Selain sebagai ilmuwan, Parsons juga dikenal menyukai hal - hal yang berbau magis dan sulap serta menyebut dirinya sendiri 'Antikris". Namun penemu hebat ini berahir tragis dengan menembak mati dirinya sendiri di laboratorium pada tahun 1952.


Johannes Brahms (07 Mei 1833 - 03 April 1897)

Johannes brahms, seorang komposer dan pianis besar dari jerman adalah seseorang yang sangat membenci kucing.

dikala senggang atau pada saat mencari inspirasi, komposer ini sering naik keloteng rumahnya dengan membawa busur dan anak panah, diloteng tersebtu dia menghabiskan waktunya dengan memanah kucing-kucing milik tetangganya. kebiasaan yang terus dilakukan Johannes Brahms sepanjang hidupnya




Sheikh Shakbut bin Sultan Al Nahyan (1905 - 11 Februari 1989)

Merupakan salah satu pemimpin Arab yang mendapatkan rejeki nomplok saat ditemukannya sumber minyak di jazirah Arab. namun penduduk Abu Dhabi selalu merasa heran, karena walaupun minyak telah disedot sekian banyak, uang dari hasil penjualan minyak tidak pernah kelihatan "jejaknya".

Pada saat terjadi perebutan kekuasan dan Sheikh Shakbut digulingkan dari kekuasaannya, sebuah komisi dibentuk untuk mencari tau kemana perginya yang hasil minya Abu Dhabi. dari istana kerajaan terbongkarlah misteri kemana perginya uang itu.

Ternyata selama pemerintahannya, Sheikh Shakbut telah menyembunyikan uang-uang hasil penjualan minyak tersebut keseluruh bagian istananya. mulai dari bawah kasur, lemari, karpet dan tempat-tempat lain. saking banyaknya sampai tim pencari sulit untuk menghitung jumlahnya. sebagai gambaran, terdapat uang kertas senilai USD 2 juta yang telah rusak digerogoti tikus.



Julius Robert Oppenheimer
Pria yang lahir di New York, 22 April 1904 ini dijuluki sebagai "Father of the Atomic Bomb (bapak bom atom). banyak yang menganggap bahwa dia adalah penemu bom atom sebenarnya, bukan Albert Einstein.
Lahir dari keluarga kaya dan merupakan alumni dari Universitas-Universitas terkenal seperti Harvard, Cambridge dan Goetinggen tempat dia mendapat gelar Ph.D pada 1927 dibawah bimbingan Max Born (penemu teori mekanika kuantum modern).

Bersama beberapa ilmuwan lain, Oppenheimer melakukan test bom atom pertama kali yang dikenal dengan "Trinity Test". Dahsyatnya bola api yang muncul dari ledakan bom tersebut membuat Oppenheimer mengutip kata-kata pada kitab "Baghavad Gita" yaitu " kini akulah kematian, sang penghancur dunia" . Namun melihat akibat dari letusan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki yang membuat ratusan ribu jiwa melayang membuatnya menyesal dan menyerukan supaya bom atom hanya digunakan untuk perdamaian.

Oppenheimer juga memiliki sifat yang kurang bisa memahami keterbatasan orang lain, pada tahun 1931 Oppenheimer meminta Leo Nedelsky (salah satu koleganya di Univercity of California Berkeley) untuk menyusun materi kuliah untuknya, yang menurutnya sangat mudah karena hanya merujuk pada satu buku yang diberikan olehnya. Namun permintaan itu membuat Leo Nedelsky pusing setengah mati, karena buku yang diberikan berbahasa Belanda.


Thomas Alfa Edison
Merupakan salah satu ilmuwan terkaya dengan nilai kekayaan sekitar USD 15 juta yang didapatnya dari lebih dari 1000 hak patennya. namun penemu lampu listrik ini juga dikenal sebagai salah satu orang yang terpelit karena sering memperkejakan pegawainya dalam jam kerja yang sangat panjang dan kondisi yang berbahaya dengan upah yang sangat minimal.

Dari jumlah hak patennya bisa ditebak bahwa sebagian besar hidupnya dihabiskan didalam laboratorium. sehingga nyaris tidak pernah punya waktu untuk keluarganya. konsekuensinya menjadi sangat mahal karena kedua istrinya menjadi sangat depresi. Anak pertamanya Thomas Alfa Edison, Jr menjadi seorang yang alkoholik dan menderita Hipokondriak  yaitu sejenis penyakit mental yang selalu menganggap diri sendiri dalam keadaan sakit. Thomas Alfa Edison, Jr ahirnya mengakhiri hidupnya sendiri dengan melakukan bunuh diri.


James Lovelock 
Ilmuwan yang dilahirkan di Letchword Garden City, Hertfordshire, pada 26 Juli 1919 ini dikenal sebagai ilmuwan berwawasan lingkungan dan penemu hipotesa Gaia, (nama Gaia diambil dari nama salah satu Dewi Yunani atas saran dari novelis William Golding). Hipotesis Gaia mendalilkan bahwa Biosfer memiliki efek regulasi terhadap lingkungan bumi yang bertindak mempertahankan mahluk hidup.

James Lovelock merupakan penemu seumur hidup, beberapa hasil kerjanya digunakan oleh NASA pada program Eksplorasi planet. salah satunyanya program Viking yang mengunjungi Planet Mars pada 1970.

Pada tahun 2004, James memunculkan kontroversi di media masa karena mengatakan bahwa "Hanya tenaga nuklir sekarang yang dapat menghentikan pemanasan global", menurutnya energi nuklir adalah satu-satunya alternatif yang realistis sebagai bahan bakar fosil yang memiliki kapasitas untuk memenuhi energi skala besar manusia, sekaligus mengurangi emisi rumah kaca.

pada tahun 2006, dia mengatakan bahwa pada ahir abad 21 miliaran manusia akan mati dan yang bertahan hidup akan berada dikutub utara. dia memprediksi bahwa pada tahun 2040, populasi manusia akan turun 80 %. Saking gilanya terhadap perubahan lingkungan hidup, dia kenal sebagai "Nabi perubahan iklim"


Nikola Tesla
Dilahirkan di Smiljan, Kroasia pada tengah malam anitara 9 sampai dengan 10 juli 1856. kelahirannya disertai dengan badai petir yang terus menerus, membuat bidan yang membantu persalinan mengatakan bahwa anak ini akan menjadi Son of Darkness" (anak kegelapan), namun ibunya menampik dan mengatakan "No, He will be Child of Light ".

Ilmuwan keturuan serbia (menjadi warga amerika pada 1891) ini merupakan perintis elektromagnetik tanpa kabel. pada 1893, dia mendemontstrasikan komunikasi tanpa kabel dan memenangkan "perang arus" membuatnya dianggap sebagai salah teknisi listrik AS yang terhebat.
Paten dan teori kerjanya yang merupakan dasar arus listrik bolak balik  (Alternating Current) modern, termasuk distribusi daya polyphase (Tesla polyphase System, siste, yang memiliki tiga atau lebih konduktor listrik ) dan motor AC, Tesla dianggap gila karena pernah memakai tubuhnya sendiri sebagai konduktor listrik.

Nikola Tesla juga merupakan penderita Obsessive Compulsive  Disorder (OCD,  Tidak suka menyentuh benda agak kotor) yang membuatnya selalu mengenakan sarung tangan putih pada setiap makan malam . selain itu dia juga dikenal sebagai orang yang anti "Mutiara', dia tidak akan pernah bersedia berbicara dengan seorang wanita yang mengenakan asesoris mutiara pada tubuhnya (tidak ada yang mengetahui alasannya).
Dengan segala "kegilaannya" ide - ide Tesla dipercaya sebagai salah satu cikal bakal teknologi smartphone dan internet nirkabel.



Tidak ada komentar: