Selasa, 11 Agustus 2015

5 HAL PENTING DI PULAU SUMBAWA



Tambora : Super Volcano/Pompeii from The East



Di pulau sumbawa terdapat sebuah gunung yang terletak di dua kabupaten (Bima & Dompu) dulunya Tambora adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia (sebelum meletus) yaitu sekitar 4.200 dml.



Letusan pada skala 7 Volcanic Explosivity Index (VEI) menjadikan letusan gunung Tambora, sebagai letusan Terdahsyat dalam sejarah manusia modern, tidak tanggung-tanggung letusan ini tercatat terdengar hingga propinsi Bengkulu yang terletak sekitar 2000 km. dalam catatan Gubernur Jenderal Hindia Belanda "History of Java" digambarkan bahwa di pulau jawa, letusan Gunung Tambora terdengar seperti letusan Meriam.  energi yang dilepaskan setara dengan energi ledakan 800 Megaton bom Tri Nitro Toluena (TNT), bandingkan dengan Krakatau yang meletus pada skala 6 VEI, kekuatan ledakan krakatau diperkirakan 30.000 kali kekuatan bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima                                                                       (baca juga : http://jejakinvestigator.blogspot.com/2015/07/4-dampak-letusan-tambora-di-dunia.html).

Letusan Tambora menimbulkan impact yang luar biasa hingga ke Eropa dan Amerika, selama 1 tahun sinar matahari terhalang sama sekali (The Year Without Summer),
 konon beberapa impact dari letusan tambora adalah :
1. Hilangnya dua kerajaan yaitu Kerajaan Tambora dan Pekat.
2. Korban jiwa yang ditimbulkan secara langsung maupun tidak langsung sekitar 71.000 orang
3. Letusan ini juga menjadi inspirasi dibuatnya sepeda pertama kali, karena kuda yang menjadi alat transportasi utama pada masa itu, banyak dikonsumsi, sehingga memaksa banyak orang mencari alternatif transportasi yang lain.
4. Cuaca gelap dan setahun tanpa musim panas mengilhami Mary Godwin untuk menulis Novel Horor ilmiah Frankestein

.
5. Hujan lebat diluar Waterloog yang terus mengguyur medan pertempuran di Waterloo (yang diperkirakan akibat pengaruh letusan gunung tambora) menyebabkan kekalahan Napoleon Bonarpate dan mengubah sejarah Eropa, akibat hujan lebat yang turun terus menerus membuat Napoleon menunda gerakan pasukannya sehingga menimbulkan kesempatan bagi pasukan inggris dan prusia bergabung untuk menghadang gerakan pasukan Napoleon.
(sumber : Kompasiana, Tempo dan liputan6 News)

Gillen D'Arcy Wood dalam bukunya yang berjudul "Tambora-The Eruption that Changed the World" yang terbagi dalam 9 Bab (Bah 1-the Pompeii of the East,bab II-The Little (Volcanic) Ice Age, Bab VI-The Pollar Garden, Bab VII- Ice Tsunami in The Alp, Bab VIII- The Other Irish Famine, Bab IX-Hard Times of Montacillo).membahas secara detail perubahan iklim dunia selama 3 tahun ( 1815-1818) akibat dari letusan Tambora.
Pada bulan April 2015, di Bern Swiis, puluhan ahli gunung berapi di seluruh dunia mengadakan konferensi internasional dengan tema "Volcanoes, Climate and Society : Bicentenary of Great Tambora Eruption".

Hidden Paradise & Great Escape " Moyo Island"


Pulau Moyo merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di dekat pulau sumbawa, Hidden Paradise atau surga tersembunyi adalah julukan yang diberikan oleh para selebriti dunia karena keindahan pulau ini, pulau ini mulai ramai dikunjungi oleh selebriti dunia sejak mendiang lady diana mengunjungi pulau ini selama 3 hari pada tahun 1993, selebriti dunia yang mengunjungi pulau ini sebenarnya sangat banyak namun sebagian besar dari mereka tidak ingin dipublikasikan. sebut saja diantaranya, Mick Jagger, David Beckham, Edwin Van Der Saar dan Maria Sharapova pernah berlibur kepulau ini. (baca juga http://jejakinvestigator.blogspot.com/2015/07/moyo-islands-pulau-moyo.html)



dipulau ini juga terdapat sebuah hotel bintang lima yang dibangun pada tahun 1993 yaitu Amanwana Hotel.
 




Lakey beach

Lakey Beach/Pantai Lakey, adalah sebuah pantai yang terletak di kabupaten Dompu, pantai yang mendapat julukan pantai kidal ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh pantai manapun didunia, disepanjang pantai ini merupakan surga bagi para peselencar karena memiliki 4 type ombak dalam satu garis pantai dan ada sepanjang tahun (tentang Pantai Lakey bisa anda baca disini : http://jejakinvestigator.blogspot.com/2014/12/pantai-lakey-dompu-sumbawa.html)



Newmont Nusa Tenggara





Selain Cerita tentang dahsyatnya letusan Tambora serta keindahan alamnya. pulau Sumbawa juga memiliki sumber daya alam yang melimpah, diantaranya adalah emas, perak dan Tembaga, karena besarnya cadangan 3 mineral tersebut di lokasi ini sehingga Newmont Nusatenggara melakukan eksplorasi di pulau ini. pada tahun 2012, total produksi Newmont adalah Tembaga sebesar 161 juta pound, emas 70.000 ounce dan perak mencapai 359.000 ounce . Dirjen ESDM Sukhyar memperkirakan nilai eksport konsentrat nemont USD 1.68 M.



  Snake Island

Pulau kecil yang terletak di sebelah utara pulau sumbawa tepatnya di Wera kabupaten Bima ini merupakan 1 dari 8 pulau ular yang ada didunia (lengkapnya silahkan baca disini http://jejakinvestigator.blogspot.com/2014/12/pulau-ular-bima-sumbawa-ntb.html)

Tidak ada komentar: