Senin, 28 September 2015

Sertifikasi Q Grader untuk profesional kopi


Siapa yang Harus Menjadi Q Grader?

 Ujian Sertifikasi Q Grader dianjurkan untuk diambil oleh "Profesional kopi" yang secara rutin mengevaluasi kualitas kopi seperti produsen atau petani kopi, eksportir dan importir kopi, Roasters, dan barista sebagai hasil dari apa yang mereka pelajari tentang kopi dan diri mereka sendiri pada saat menjalani test Q Grader maupun R Grader.
Pada proses mengambil ujian Q Grader akan membuat peserta memiliki kemampuan untuk mengevaluasi kemampuannya sendiri terkait pengetahuan akan kopi dan ketajaman indra perasanya dalam lingkungan yang terkontrol. 

Apa yang dibutuhkan untuk menjadi Q Grader?


Untuk mendapatkan sertifikasi Q Grader, setiap peserta harus lulus bisa melewati 22 ujian yang dilaksanakan dalam 5 hari, program ini dirancang untuk mengevaluasi kompetensi dan ketajaman indra perasa di sejumlah daerah yang berkaitan erat dengan Cupping dan grading Coffee . dari ribuan profesional kopi yang berusaha mendapatkan akreditasi ini setiap tahunnya, tingkat rata-rata kelulusan hanya sekitar 25%. 
masa berlaku  dari sertifikat ini hanya selama 36 bulan,  untuk mereka yang tidak lulus seluruh proses ujian pada kesempatan pertama diperbolehkan untuk mengikuti tes kembali setelah 18 bulan.

Biaya kursus yang ditetapkan oleh masing-masing instruktur atau pusat pengujian berbeda - beda sesuai lokasi ujian diadakan, biasanya mulai dari $ 1500 hingga $ 2.500 /orang, biaya akan tergantung dari layanan tambahan termasuk makanan, biaya operasi di setiap negara setempat, serta biaya tetap seperti persediaan dan biaya lisensi sertifikasi dibayarkan kepada CQI untuk setiap peserta

seperti apa tesnya? 

Ujian Pengetahuan Umum (General Knowledge Exam)
merupakan satu-satunya tes tertulis, yang terdiri dari 100 pertanyaan pilihan ganda yang meliputi budidaya kopi, pemanenan, pengolahan, pemrosesan, Cupping, grading, Roasting dan Brewing.

Sensory Skill Exam
Menetapkan standar dasar untuk ketajaman citarasa, setiap peserta harus bis mengidentifikasi tiga intensitas garam, cairan berbau asam dan manis secara individual maupun pada saat dikombinasikan satu sama lain.  
Cupping Skill Exam
Ujian inti dari proses mendapatkan sertifika Q Grader adalah penerbangan cupping nya 5. Setiap penerbangan termasuk 6 sampel kopi dan satu referensi set digunakan untuk diskusi dan kalibrasi sebelum waktu ujian dimulai.
Olfatory Skill Exam
Tujuan dari test ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan individu untuk mengenali tiga puluh enam (36) aroma aromatik umum yang paling sering ditemukan dalam aroma kopi.
 Triangulation skill exam
didesain dengan tujuan untuk meningkatkan sensitivitas peserta terhadap kualitas dari kopi. disini peserta diwajibkan untuk mencari tahu nuansa 1 kopi yang berbeda dari 3 cangkir yang berada didalam satu kelompok yang terdiri dari 6 kelompok cangkir kopi (total 18 cangkir).
Organic Acids Matching Pairs exam
pada test ini peserta diperkenalkan kepada enam komponen asam utama kopi melalui kuliah singkat untuk kemudian diminta untuk mencocokkan 2 dari 4 cangkir kopi yang diseduh secara light dan mengandung asam yang terbagi dalam 8 set. 
Arabika Green Grading test
pada test ini, masing-masing peserta akan disediakan 3 x 350 g sampel green Coffee yang telah pertama memilih bersih dan tercemar dengan sejumlah tertentu dan jenis cacat. peserta ditugaskan untuk mengidentifikasi cacat pada sampel 350 g dan kemudian secara benar mengidentifikasi jumlah cacat yang disesuaikan dengan aturan SCAA dan label sampel yang sebagai kopi spesial, kopi premium atau kopi komersial.
Arabica Roasted Coffee Grading test
Mirip dengan ujian Arabika Green Grading test, pada test ini, peserta harus mengidentifikasi secara benar jumlah quakers (kacang terbelakang yang tidak dipanggang dengan benar) pada sample seberat 100 g, kemudian dituntutut untuk dapat mengidentifikasi apakah sampel kopi tersebut adalah sampel kopi khusus, premium atau komersial.

Sample Roast Identification test
Dalam Sample Roast Identification test, peserta harus mengidentifikasi tipe Roasting yang ideal untuk Cupping Coffee. peserta harus mampu mengidentifikasi tipe Roasting dari 4 nampan yang disajikan baik secara benar atau salah untuk evaluasi sampel dan menjelaskan alasannya.

Sumber :

Tidak ada komentar: