Sabtu, 05 September 2015

Benarkah Sirsak/Graviola, memiliki kemampuan 10000 kali lebih kuat dari kemoterapy dalam mengobati kanker?




Menyimak banyaknya informasi yang beredar didunia maya seperti facebook yang menginformasikan bahwa sirsak secara alami memiliki khasiat 10.000 lebih kuat dari chemoterapy dalam mengobati kanker, memunculkan banyak pertanyaan besar, kalau memang sirsak memiliki kemampuan menakjubkan dalam melawan kanker itu kenapa dari dulu tidak pernah ada yang mengekspos tentang hal ini, apakah hal tersebut semata-mata memang karena perusahaan-perusahaan obat sengaja menutupinya karena Graviola tidak dapat dipatenkan?, padahal sebagian dari kita juga mengetahui bahwa obat-obatan yang beredar sekarang juga banyak berasal dari bahan-bahan herbal?.
Memang pada uji coba skala laboratorium, Graviola atau sirsak memiliki sifat sebagai "anti kanker" tapi satu hal yang harus diingat, kemampuan ini belum pernah dibuktikan secara medis terhadap manusia.dalam artikelnya tentang Graviola, Cancer Research UK menyebutkan bahwa "Overall, there is no evidence to show that graviola works as a cure for cancer. In laboratory studies, graviola extracts can kill some types of liver and breast cancer cells that are resistant to particular chemotherapy drugs. But there haven’t been any large scale studies in humans. So we don't know yet whether it can work as a cancer treatment or not. Many sites on the internet advertise and promote graviola capsules as a cancer cure, but none of them are supported by any reputable scientific cancer organisations. We do not support the use of graviola to treat cancer " (Ekstrak Graviola bisa membunuh beberapa jenis kanker hati dan kanker payudara yang memiliki daya Resistensi terhadap obat Kemoterapi tertentu. namun belum pernah ada penelitian dalam skala besar yang dilakukan terhadap manusia. jadi kita belum bisa menyimpulkan apakah Graviola dapat bekerja melawan kanker atau tidak.)

Federal Trade Commision di Amerika Serikat juga menetapkan bahwa "Tidak ada bukti ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan bahwa Graviola yang dijual oleh bioque Teknologi dapat mencegah atau mengobati kanker apapun".
Cancer Research UK juga menjelaskan lebih lanjut "Banyak situs diinternet mengiklankan dan mempromosikan kapsul Graviola sebagai obat kanker, tetapi tidak satupun dari produk ini yang mendapatkan dukungan dari organisasi kanker ilmiah terkemuka, memang kita mengetahui bahwa Graviola memiliki sedikit fungsi pada tubuh , tapi kita juga mengetahui bahwa graviola menyebabkan perubahan saraf dan menimbulkan efek seperti pada penyakit parkinson, yang berarti memiliki kemungkinan berbahaya bagi sebagian orang, jadi selalu berbicara dengan dokter anda sebelum memutuskan untuk menggunakan terapi komplementer atau alternatif"

Pesan yang beredar secara massive ini bersumber dari Artikel tahun 2009 dari Health Sciences Institutes (HSI). HSI sendiri "merupakan situs informasi alternatif yang mendedikasikan diri untuk mengungkap dan meneliti kemajuan yang paling mendesak dalam kedokteran bawah tanah modern", nama dan tujuan yang kelihatannya sangat mengesankan, namun reputasi dan kredibilitas dari HSI sama sekali belum pernah terlihat.

Yang perlu digaris bawahi disini adalah, Graviola seperti halnya tumbuhan yang lain, memang memiliki kemungkinan sebagai obat anti kanker pada skala laboratorium, namun mengingat bahwa efeknya belum pernah dicoba terhadap manusia, jadi belum ada bukti yang bisa dipertanggungjawabkan.

Jadi apapun itu, menerima informasi seperti ini membutuhkan pemahaman yang lebih dalam dan cermat dari kita sendiri, jangan sampai kita memutuskan meninggalkan pengobatan yang efektif  dan sudah teruji secara medis, untuk sebuah metode alternatif yang belum diuji pada manusia, karena akibatnya akan bisa menjadi fatal
(sumber https://en.wikipedia.org/wiki/Soursop dan beberapa sumber yang lain)

Tidak ada komentar: