Sabtu, 05 September 2015

Pulau Seram dan The Little Maldives Of Indonesia "Ora Beach"


 
Mendengar namanya membuat sebagian orang termasuk saya sendiri bertanya, apa yang menyebabkan pulau yang dipercaya sebagai tempat asalnya orang maluku ini dinamai dengan nama yang identik dengan tempat yang menyeramkan, dari beberapa literatur yang saya baca, Seram sendiri ternyata berasal dari kata Siran, sebutan yang dibuat oleh para pendatang untuk orang tua penghuni asli pulau tersebut, karena dialek setempat lama kelamaan Siran ahirnya menjadi Seram.

Pulau Seram merupakan satu dari 4000 pulau yang membentuk kepulauan Maluku, pulau ini sekarang mulai menjadi sorotan dunia dengan adanya sebuah destinasi wisata yang luar biasa indah yaitu "Ora Beach" yang dijuluki sebagai The Little Maldives of Indonesia, karena keindahanya disetarakan dengan Maldives/Maladewa yang berada di samudra Hindia. sebutan Little Maldives sendiri diberikan karena dipantai ini terdapat tujuh "Over Water Cottage" seperti di Maladewa.

Ora beach terletak di Teluk Sawai, Seram Utara. untuk menuju ketempat ini, dari kota Ambon anda dapat berangkat dari pelabuhan Tulehu (sekitar 30 menit dari kota Ambon) menuju Pelabuhan Amahai, Masohi,  menggunakan kapal cepat "Cantika Ekspress", Jadwal kapal ini hanya dua kali sehari, dari Tulehu jadwalnya jam 9 pagi dan jam 3 sore, sedangkan dari Amahai, jadwalnya jam 8 pagi dan jam 2 sore.

pada saat tulisan ini dibuat tarif kapal "Cantika Express" adalah Rp 260 ribu untuk kelas VIP, Rp 125 ribu untuk kelas ekonomi, atau anda bisa memilih berdiri didek kapal dan akan dikenakan tarif Rp 100 ribu. waktu tempuh dari pelabuhan Tulehu, Ambon- Pelabuhan Amahai, Masohi adalah sekitar 1.5 s/d 2 jam perjalanan.
Dari Amahai menuju Ora beach, anda bisa menyewa mobil, yang orang setempat menyebutnya taksi (mobilnya umumnya berupa mobil Avanza, Inova dan sekelasnya) dengan tarif sekitar Rp 1 jt (tergantung kepiawaian anda menawar) atau anda bisa bersama-sama dengan penumpang yang lain. waktu tempuh Amahai - Ora Beach sekitar 3 s/d 4 jam. 

 

Berikut foto foto dari Ora Beach.


Apabila anda senang mendaki gunung, ada baiknya mencoba Gunung Binaya, yang merupakan titik tertinggi dari pulau seram (sekitar 3000 m dpl).

Sumber http://tehorumalukutengah.blogspot.co.id/2015/08/gunung-tertinggi-di-maluku.html

Tidak ada komentar: