Rabu, 23 September 2015

Daftar game dengan biaya pembuatan termahal sepanjang sejarah


Taukah anda bahwa biaya pembuatan game banyak yang lebih mahal dari biaya produksi film film terlaris Holywood sekalipun? sebut saja film The Hunger Games-Catching fire yang biaya produksinya sebesar USD 78 juta, Twilight Saga-New Moon dengan biaya produksi USD 50 juta, Need for Speed biaya produksi USD 60 juta, Captain America biaya produksi USD 100 juta. bandingkan dengan biaya pembuatan game game dibawah ini.
Kalau anda bertanya kenapa biaya pembuatan game bisa lebih mahal dari biaya pembuatan banyak film Holywood? salah satu alasanya dapat dilihat dari total jumlah orang yang terlibat dalam pembuatan game GTA V misalnya, tidak kurang 1000 orang dan beberapa studio internal yang terlibat dalam pembuatan game yang membutuhkan waktu sekitar 5 tahun hingga dirilis ini.
lalu bagaimana dengan keuntungan yang didapat oleh pihak developer game sampai berani mengeluarkan budget yang fantastis seperti itu, saat ini game terlaris sepanjang sejarah adalah Call of Duty dengan angka penjualan mencapai milyaran dollar hanya dalam 16 hari, mengalahkan film Harry Potter sebagai film terlaris yang mencapai angka penjualan milyaran dollar dalam 17 hari.
berikut daftar game game termahal yang pernah dibuat.

Defiance (2013) - Total Cost  USD 80 juta

Game yang dibuat oleh Trion Worlds dan di rilis tahun 2013 ini, menghabiskan biaya produksi sekitar USD 80 Jutagame ini dibuat dengan mengusung platform Windows, Playstation 3 dan Xbox 360.
Defiance merupakan game MMORPG yang diadaptasi dari sebuah film seri berlatarbelakang science fiction yang menceritakan tentang manusia dan Allien yang berusaha hidup bersama.
karena popularitasnya yang menurun, Sejak juni 2014 atau sekitar satu tahun setelah dirilis game ini berubah format menjadi free to play.




Read Dead Redemption (2010) - Total Cost USD 100 juta

Game yang bisa dimainkan pada Xbox 360 dan PS 3 ini dikembangkan oleh Rockstar San Diego dengan biaya USD 100 juta.
Read Dead Redemption diluncurkan oleh Rockstar Games pada tahun 2010. total penjualan game ini pada tahun 2011 mencapai 12.5 juta copy.


Disney Infinity (2013) - Total Cost USD 100 juta

Disney Infinity dirilis yang dirilis pada tahun 2013 dikembangkan oleh Avalance Software  dengan total biaya sebesar USD 100 juta, game yang bisa dimainkan dengan Nitendo 3DS, PS 3, Xbox 360, Wii U dan PC ini, pengguna akan memainkan lebih dari 20 peran dari karakter Marvel seperti Iron Man, Hulk, Black Widow, Captain America dll.
Pada bulan Agustus 2013 saja, game membukukan penghasilan sebesar USD 136 juta



Final Fantasy VII - Total Cost USD 145 Juta

Game yang diciptakan oleh Hironobu Sakaguchi , dikembangkan oleh Square.Co.Ltd (saat ini menjadi Square Enix) dan dirilis oleh Square, Sony Computer Entertainment pada tahun 2011 ini diproduksi dengan biaya pengembangan (Deveploment Cost) sebesar USD 45 juta dan biaya marketing (Marketing Cost) sebesar USD 100 juta.
Seperti yang dilansir Gamesport pada 17 Juni 2015, pihak FF VII secara resmi mengumumkan akan membuat FF VII remake yang dirilis secara ekslusif untuk Playstation IV.
Pada tahun 2008 game ini buat untuk versi PC dan pada tahun 2009 dibuat untuk versi Playstation. FF VII tercatat sebagai produksi Square Enix tersukses dan tersukses ketiga dari seri produk sepanjang masa.






Destiny  (2014) - Total biaya USD 140 juta

Game yang dikembangkan oleh Bungie  dan dipublikasi oleh Activision ini tercatat telah membukukan penghasilan sebesar USD 500 juta.



Star Wars The Old Republic / SWOTR  ( 2011)- Total Biaya USD 150 juta - USD 200 juta

Game MMORPG yang dirilis oleh Electronic Arts (EA) pada tahun 2011 di Amerika dan beberapa negara eropa ini diproduksi dengan perkiraan biaya sekitar USD 150 juta - USD 200 juta, pada bulan Februari 2012, total user game ini mencapai puncaknya yaitu sekitar 1.7 juta pengguna.
Meskipun tercatat sebagai game MMORPG dengan pertumbuhan tercepat yang pernah ada, game SWOTR mengalami penurunan jumlah pengguna yang cukup significant setelah enam bulan setelah dirilis, 




Call Of Duty : Modern Warfare 3 (2011) - Total Cost  USD 250 juta

dengan 60 juta pengguna dan 6 juta diantaranya bermain secara online, game ini tercatat sebagai game terlaris sepanjang sejarah dengan keuntungan milyaran dollar yang dicapai hanya dalam 16 hari (sumber www.bbc.com)


Grand Theft Auto V - Total Cost USD 265 juta

Dikembangkan oleh Rockstar North dan dirilis oleh Rockstar Games, GTA V diproduksi dengan biaya yang sangat fantastis, biaya pengembangannya sebesar USD 137 juta dan biaya marketing sebesar USD 128 juta.
GTA V tercatat sebagai produk hiburan dengan penjualan tercepat dalam sejarah, pada satu hari pertama, game ini membukukan penghasilan sebesar USD 800 juta dan USD 1 miliard dalam tiga hari pertama. angka ini hadir hanya dalam Platform Steam, belum dihitung dari yang non steam.
meskipun mendapat kritikan tajam karena banyaknya unsur kekerasan dan penyiksaan didalamnya, GTA V merupakan salah satu game yang paling dinanti, GTA V juga mendapatkan banyak pujian dari segi desain dan teknisnya dibandingkan versi sebelumnya.
untuk memainkan GTA V anda haru siap-siap untuk menghapus beberapa koleksi game anda yang lain, karena GTA V hadir dengan memori game yang sangat besar yaitu 65 GB, dalam bentuk 7 keping DVD,







Tidak ada komentar: