Rabu, 22 Juli 2015

Moyo Islands (pulau Moyo)


Pulau Moyo mungkin baru dikenal luas di beberapa tahun belakangan ini,  namun tahukah anda bahwa banyak pesohor luar negeri seperti David Beckham, Van Der Sar, Sharapova ,Mick Jagger, Lady Diana dan Pangeran Charles serta beberapa tokoh dunia lainnya, pernah menjadikan pulau ini sebagai salah satu destinasi pilihan mereka?

Pulau Moyo mulai dikenal sejak adanya sebuah resort mewah yang bernama Amanwana Resort yang dibuka sekitar tahun 1993 dan Lady Diana serta pangeran Charles adalah salah satu tokoh yang pertama menginap diresort ini saat melakukan perjalanan bulan madu. Sejak saat itulah Pulau Moyo mulai dikenal di kalangan tokoh dunia hingga saat ini

Pulau Moyo sendiri adalah sebuah pulau yang terletak sekitar 2,5 km di sebelah utara Pulau Sumbawa. memiliki luas 350 km2, ketinggian maksimum 671 meter, dan garis pantai 88 km. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

waktu terbaik untuk berkunjung ke pulau ini adalah pada bulan Juni dan Juli meskipun gelombang air laut mulai tenang dari April.

Selain wisata air terjun Mata Jitu yang mempesona, di Pulau Moyo terdapat cagar alam taman nasional yang terletak beberapa kilometer dari pantai utara. pulau ini juga dikelilingi oleh terumbu karang yang indah dan habitat untuk babi hutan, biawak berikut 21 jenis kelelawar, rusa liar, kera pemakan kepiting, sapi liar, rusa, babi hutan dan berbagai macam spesies burung, ikan hiu dan kura-kura.



Pulau Moyo juga merupakan “surga” bagi pencinta burung. Dari 124 spesies burung yang terdapat di Sumbawa, 86 jenis di antaranya berada di pulau ini. Spesies burung langka juga bisa anda temukan di sini seperti Kakatua berkepala kuning serta burung Gosong.


Transportasi

Jalur darat

Menyewa mobil. Rute yang akan ditempuh adalah Mataram – Pelabuhan Kayangan Lombok dengan waktu tempuh 2 jam. Selanjutnya kita menyeberang ke Pelabuhan Poto Nano Sumbawa Barat dengan waktu tempuh sekitar 1 – 2 jam. Sesampainya di Poto Nano, perjalanan darat kembali dilakukan menuju Sumbawa Besar dengan durasi tempuh 2 jam.

selain menyewa mobil terdapat angkutan umum yang berupa Bus dengan jumlah yang cukup banyak, bus yang bisa ditumpangi adalah bus dengan trayek, Jakarta-Surabaya-Denpasar- Bima/Dompu/Sumbawa (PO. Rasa Sayang, PO. Langsung Indah, PO. Dunia Mas, PO.Titian Mas dll) turun disumbawa besar



Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan jalur udara yaitu dari Bandara Internasional Lombok – Sumbawa Besar dengan menggunakan pesawat ATR.  namun jadwalnya tidak setiap hari dengan waktu tempuh sekitar 35 menit.


Dari Sumbawa Besar menuju Pulau Moyo dilakukan dengan menyeberang dari Pelabuhan Muara Kali. Transportasi yang bisa digunakan adalah kapal rakyat yang tiba dari Moyo pukul 09.00 WITA dan berangkat lagi pada pukul 11.30 WITA dengan tarif Rp. 20 ribu – Rp. 25 ribu per orang (waktu tempuh sekitar 2 jam, hanya satu kali sehari).

Terdapat juga kapal cepat kecil/speed boat milik swasta dengan tarif Rp. 3 juta dengan waktu tempuh 30 menit dari Sumbawa-Moyo, selain itu kapal ini juga bisa digunakan untuk berkeliling disekitar Pulau Moyo

alternatif terahir (buat yang berkocek tebal) sewa pesawat ampibi dari Bali - Pulau Moyo

 

Berikut beberapa foto dari pulau Moyo dan Amanwana Resorts















Tidak ada komentar: