Senin, 20 Juli 2015

13 Fakta menarik tentang angka 13


Berikut beberapa fakta menarik tentang angka 13 yang mungkin oleh kebanyakan orang dianggap sebagai angka paling sial, fakta fakta ini diulas dari berbagai sudut pandang  dan beberapa sumber: 

1. 13 merupakan lambang dari kematian, pemujaan setan dan kekuatan supranatural. Angka 13 juga penting bagi ilmu sihir, karena dianggap memiliki kekuatan  misterius. Angka 13 juga dianggap membawa sial oleh mereka yang takut akan kekuatan rahasia dan pengetahuan, yang diasosiasikan dengan gnosis. Ketakutan pada angka 13 disebut sebagai Triskaidekaphobia.


    2. 85 % bangunan bertingkat di Amerika serikat tidak menggunakan angka 13 pada penomoran lantainya (hasil kajian internal dari Dilip Rangnekar dari Otis Elevator). pemilik gedung biasanya menggunakan angka 14 untuk lantai yang seharusnya lantai 13. atau dengan menggunakan angka "12 A" atau "M"  (mekanik) tindakan ini dilakukan oleh pemilik gedung atau Developer untuk menghindari masalah yang mungkin timbul dari orang orang yang percaya dengan tahayul, penghuni atau pelanggan .


3. pada sebagian besar negara di dunia, seorang anak harus melewati 13 tahun di bangku sekolah. Itu jika taman kanak-kanak juga disertakan. Usia 13 tahun, juga dianggap sebagai masa transisi di mana seorang anak sedang mencari jati diri dan sering melawan atau memberontak.


4. Pada abad ke-18, sebanyak 13 negara bagian di Amerika memberontak melawan Inggris, tak ada yang mengetahui mengapa 13 negara bagian yang memberontak dan bukan 12 atau 14.


5. Stuntman terkenal asal AS, Sam Patch berlatih keras  untuk melakukan lompatan terpanjang pada 13 November 1829, yang ternyata menjadi loncatan terakhirnya.



6. United Nations (UN) (Perserikatan Bangsa - bangsa/PBB) terdiri dari 13 huruf karakter.

7. Richard Wagner, Mega star komponis Jerman, senantiasa dirundung angka 13 sebagai berikut :



  • Jumlah huruf nama Richard Wagner adalah 13, lahir pada tahun 1813, yang apabila keempat angka pada tahun tersebut dijumlahkan menjadi 13. 
  • Penampilan perdana Wagner didepan publik terjadi pada tahun 1831, yang apabila segenap angkanya dijumlahkan lagi-lagi menjadi 13.
  • Tannhaesser, salah satu opera akbarnya dirampungkan pada 13 April 1845, lalu digelar perdana di Paris pada 13 Maret 1861 (1 x 8 + 6 - 1) = 13.
  •  Wagner menggelar mega-siklus "Ring Of The Nibulungen" pertama kali pada 13 agustus 1876 (7+6 = 13)
  • Wagner sempat diangkat menjadi direktur Teater Riga yang resmi dibuka pada 13 September.
  • Opera mahakarya Wagner seluruhnya berjumlah 13
  • Karena alasan politis, Wagner meninggalkan tanah airnya selama 13 tahun.
  • Wagner meninggal dunia pada 13 Februari 1883 yang kebetulan merupakan tahun ke13berdirinya federasi jerman baru.
  • Dengan fakta - fakta tersebut tidak bisa dikatakan bahwa semasa hidupnya Richard Wagner, yang kini disejajarkan dengan Bach, Beethoven, dan Brahms, senantiasa dirundung sial
8. Bangsa Persialah yang pertama kali menetapkan angka 12 untuk kanstelasi bintang dan menganggap 13 sebagai ketidak-beruntungan. Pada hari ke-13 kalender Persia, orang meninggalkan rumah untuk menghindari nasib buruk dan kemalangan



9.  Ada beberapa fakta yang unik dan menarik tentang keterkaitan angka 13 dengan mata uang Amerika Serikat (AS $).Jika kita teliti selembar uang kertas satu dolar AS, ternyata kita dapat menemukan hal-hal yang berkaitan dengan angka 13, yaitu:


  • Pada bagian belakang tampil piramid dengan 13 jenjang,
  • Semboyan di atas piramid tersebut berbunyi "Annuit Coeptis" yang terdiri dari 13 huruf,
  • Di pita tergigit paruh burung elang tertulis"E Pluribus Unum", juga terdiri dari 13 huruf,
  • Di atas kepala sang elang bersinar 13 bintang,
  • Di perisai terlukis 13 garis,
  • Cakar kiri mencengkeram 13 anak panah,
  • Cakar kanan sebuah batang dengan 13 daun zaitun, perlambang bahwapada masa berdirinya, semula Amerika Serikat memang terdiri dari hanya 13 negara bagian.

Meskipun nilainya mungkin sering naik-turun, namun tidak disangkal bahwa AS $ --serba 13 itu-- sampai kini tidak dapat dianggap berkarier sial, malah telah diakui sebagai mata uang paling suprematif di dalam sistem moneter dunia.

10. Universitas Colgate juga menganggap 13 sebagai angka keberuntungan. Mereka didirikan tahun 1819 oleh 13 orang dengan 13 dolar, 13 doa, dan 13 artikel. (Untuk hari ini, anggota komunitas Colgate mempertimbangkan angka 13 pertanda baik.) Sebenarnya, alamat kampus adalah 13 Oak Drive di Hamilton, NY dan semua orang kelompok cappella disebut Colgate 13

11. Jumlah koloni yang membentuk Amerika Serikat. Bendera asli memiliki tiga belas bintang, satu untuk masing-masing negara. Bintang-bintang baru telah sejak ditambahkan setiap kali negara baru bergabung dengan serikat pekerja, tetapi gagasan penambahan garis bagi negara-negara baru segera turun, sehingga bendera Amerika untuk hari ini telah tiga belas garis horizontal: enam yang putih dan tujuh yang merah.

12. Di Thailand, Tahun Baru tradisional Thai (Songkran Day) adalah pada 13 April.

 13. angka 13 tersebut merupakan symbol gerakan solat seorang muslim. Shalat yang menjadi kewajiban dari umat muslim. Sehari 5 kali. Akan saya kemukakan ke–tiga belas urutan dalam solat.


Niat sholat  :  memeliharakan taubat kita dari dunia dan akhirat.
Berdiri tegak   ketika mati dapat meluaskan tempat kita di dalam kubur.
Takbiratul ikhram :sebagai pelita yang menerangi kita di dalam kubur
Al- Fatihah ; sebagai pakaian yang indah di dalam kubur.
Ruqu’ : sebagai tikar kita di dalam kubur.
I’tidal : akan memberikan minuman air dari telaga al-kautsar ketika di dalam kubur.
Sujud : memagari kita ketika menyeberangi titian sirotul mustaqim.
Duduk diantara 2 sujud : menaungi panji-panji nabi kita di dalam kubur.
Duduk antara 2 sujud (akhir) : menjadi kendaraan kita dipadang mahsyar.
Takhiyat akhir  : sebagai penjawab bagi soal yang dikemukakan oleh malaikat Munkar & nakir.
Sholawat nabi : sebagai pendingin api neraka di dalam kubur.
Salam : memelihara kita di dalam kubur.
Tertib :pertemuan kita dengan Allah SWT.



Dari Abdullah bin ‘Amr R.A., Rasulullah SAW bersabda :

“ Keterangan di atas adalah salah satu sebab mengapa orang diluar islam tidak suka akan angka 13 dan juga hari Jum’at.

Itulah sebab mengapa mereka membuat cerita yang begitu seram yaitu “FRIDAY the 13th”.

Untuk itulah seyogyanya kita mengambil hikmah dan selalu berpikir positif, karena tidak ada kata sial dalam islam.
Sumber : http://munsypedia.blogspot.com/2012/08/hubungan-misteri-angka-13-dengan-makna.html#ixzz3gRaDyjRb

Tidak ada komentar: