Rabu, 14 Oktober 2015

Berkunjung ke Kilometer 0 di bagian barat Indonesia di Pulau Weh

Pada saat mendekati pulau ini, sepenggal bait dari sabang sampai merauke berjejer pulau pulau terlintas secara Otomotis dalam pikiran saya, ahirnya saya bisa juga berkunjung tempat eksotis ini dan penuh sejarah ini , Seperti banyak pulau kecil lainnya di Indonesia, Pulau seluas156 kilometer persegi ini menyimpan banyak potensi wisata alam yang bisa dikunjungi, berkunjung kepulau Weh berarti berkunjung ke kota Sabang, nama Sabang sendiri berasal dari kata Syabak  yang artinya adalah gunung meletus, konon dibawah lautan dan daratan.
berikut beberapa lokasi wisata yang bisa dikunjungi di pulau weh


Tugu Nol Kilometer

Lokasi ini adalah target utama kunjungan banyak wisatawan termasuk saya sendiri, daya tarik pulau weh sebagai
pulau paling barat di Indonesia ( meskipun faktanya pulau Weh bukan pulau paling barat), membuat saya menjadikan lokasi ini sebagai lokasi wisata pertama yang saya kunjungi, karena rasanya belum lengkap bila belum berkunjung ketempat ini, disini anda akan mendapatkan sertifikat yang menandakan anda pernah berkunjung kelokasi ini lengkap dengan nomor urutnya.jaraknya sekitar 30 km atau sekitar 45 menit dari kota Sabang.


Danau Aneuk Laot

Danau yang juga dikenal dengan nama danau air tawar dapat dicapai dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari pusat kota Sabang, Nama Anaeuk Laot sendiri dalam bahasa Aceh berarti anak laut, kondisi disekitar danau ini sangat sejuk, bahkan ketika anda mengunjunginya pada saat siang hari, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada sore hari, karena anda bisa menikmati sunset dengan latar belakang laut Sabang, selain sebagai tempat wisata, danau ini juga merupakan sumber PLTA untuk seluruh pulau Weh.


Pantai Anoi Itam

Pantai berjarak sekitar 13 kilometer dari kota Sabang ini sesuai dengan namanya memiliki pasir yang berwarna hitam disepanjang bentangan pantainya.selain keindahan alamnya disekitar pantai ini anda akan menemukan banyak tempat yang menyediakan kopi khas Aceh, tempat ini juga mirip dengan pantai Natsepa di Ambon, yaitu sama - sama menyediakan rujak khas daerah dengan bahan dasar yang berbeda dengan rujak didaerah lain, rujak disini dikenal dengan nama Rujak Aceh yang diatasnya ditaburi dengan kacang goreng dengan buah tambahan yang bernama buah Rubiah yang memiliki rasa unik dan pahit. tempat lain yang bisa anda kunjungi didekat pantai ini adalah benteng peninggalan jepang.



Pantai Iboih

Ini adalah pantai terbaik di Pulau Weh dan menjadi destinasi wisata pantai yang paling banyak di kunjungi, selain keindahan pantainya anda dapat melihat jejeran kapal - kapal nelayan khas aceh. disekitar lokasi ini juga tersedia banyak penginapan dan hotel.




Pulau Rubiah

Pulau Rubiah dapat dicapai hanya dengan waktu sekitar 15 menit dari pantai Iboih, selain keindahan pulaunya, wisata bawah laut pulau Rubiah adalah salah satu yang terbaik di Indonesia bagian barat.





Tidak ada komentar: