Kamis, 12 November 2015

The Seven Ghost salah satu destinasi wisata unik yang wajib dikunjungi di Riau




Pertama kali melihat foto diatas, saya mengira bahwa ini adalah sebuah spot selancar di suatu pantai, yang ada dalam benak saya adalah kalo memang ini dilaut kenapa air lautnya bisa berwarna coklat?, ternyata saya salah besar, ini adalah salah satu dari spot selancar yang terletak di sungai Kampar, Riau, dan sudah mulai dikenal luas di dunia internasional karena konon hanya ada di Indonesia dan Brazil.

Dikalangan peselancar dunia, lokasi ini dikenal dengan sebutan Seven ghost, karena memiliki 7 ombak yang berlapis-lapis, kecepatan bergulirnya ombak sekitar 5km/jam  dibagian tepi sampai dengan 20 km/jam ditengah sungai (air dalam), bahkan menurut salah sumber  kecepatan ombak pernah mencapai 40 km/jam. Ombak Seven ghost ini bisa bergulir hingga 50 km. sehingga secara teori seorang peselancar profesional bisa berselancar selama lebih dari 1 jam. dari situs Riverbreak.com. rekor sementara adalah 1,5 jam.

Kampar sendiri merupakan sebuah sungai panjang yang terbelah menjadi dua menjadi Kampar kanan dan kampar kiri. membentang dari pegunungan Bukit Barisan melewati provinsi Riau dan bermuara di Selat Malaka. Sungai Kampar sendiri terbelah menjadi dua menjadi Kampar kanan dan kampar kiri. Pada saat pasang Arus air dari kedua sungai tersebut dan banyak sungai lain yang berkumpul didaerah Langgar, Pelawan akan bertemu dengan gelombang tinggi yang mengalir dari arah laut, membentuk dua energi yang saling berlawanan dan membentuk ombak Seven Ghost.



Sungai Kampar, tepatnya desa Meranti atau desa Pulau Muda, dapat dijangkau dengan menggunakan jalur darat dari pekanbaru dengan waktu tempuh sekitar 7 jam. atau menggunakan jalur air menggunakan speedboat dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah pada bulan November sampai dengan Desember.










Sumber :


Tidak ada komentar: