Sabtu, 16 Mei 2015

Perbatasan Atambua Timor Leste

Atambua, Mei 2012




Ini adalah salah satu perjalanan dinas yang menjadi favorit saya, mengunjungi Atambua adalah salah satu obsesi lama saya, karena dengan mengunjungi Atambua berarti saya bisa melihat langsung perbatasan timor leste, selain itu saya berkesempatan mengunjungi teman-teman lama yang pernah satu kost dengan saya waktu kuliah di jogja.

Untuk menuju Atambua sebenarnya bisa ditempuh melalui jalur udara menggunakan pesawat kecil, namun karena saya sudah ditunggu oleh rekan saya di Kupang saya lebih memilih jalur darat. menurut rekan saya waktu tempuhnya sekitar 8 jam.
pada saat kami sampai di terminal Kupang, ternyata bis eksekutif yang akan kami tumpangi sudah berangkat, padahal rekan saya sudah membeli dua ticket, karena saya keberatan untuk menginap lagi di kupang, kami memutuskan untuk menggunakan bis 3/4 (seukuran kopaja) walaupun waktu tempuhnya ahirnya menjadi lebih lama karena harus "ngetem" di banyak tempat. perjalanan yang cukup seru karena bis yang kami tumpangi memuat "banyak jenis mahluk hidup ^^" dan menyapa banyak orang sepanjang jalan.

Sekilas tentang Atambua 

Atambua adalah sebuah kecamatan sekaligus ibu kota Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Sebagian besar masyarakatnya berbahasa Tetun, dan sebagian kecil berbahasa Kemak, Bunak, Dawan.
Kota yang terletak di daerah Timor Barat ini merupakan salah satu pusat penampungan pengungsi dari Timor Timur pada tahun 2000. Mayoritas penduduk Kota Atambua beragama Katolik, di mana Atambua juga merupakan sebuah Keuskupan. Keuskupan Atambua adalah salah satu keuskupan di Indonesia yang persentasi penganut Katoliknya sangat tinggi yakni 95% dari total jumlah penduduknya.

Transportasi

Dalam kota
transportasi dilayani oleh angkutan umum berupa mikrolet (dengan kapasitas penumpang sekitar 10 orang)yang melayani empat rute/trayek melalui 3 terminal. Selain itu tersedia transportasi alternatif berupa jasa ojek sepeda motor.

Luar kota
Dari kota Atambua tersedia bus (mini bus dengan kapasitas penumpang 24 orang)yang melayani rute ke kota-kota kecamatan dan kota kabupaten lainnya di Pulau Timor Bagian Barat (Kupang, Soe dan Kefamenanu). Atambua juga merupakan pintu gerbang utama menuju Timor Leste melalui perbatasan Motaain (sekitar 30 Km dari Atambua).
angkutan ini saya gunakan dalam perjalanan kupang - Timor Leste,


Transportasi udara
Terdapat satu landasan udara sepanjang 1200 meter yang bisa didarati oleh pesawat-pesawat kecil, terdapat tiga maskapai yang melayani rute penerbangan Kupang-Atambua pulang pergi, masing-masing NBA, MNA dan Susi Air.

Transportasi laut
Terdapat dua pelabuhan laut yang melayani kota Atambua yaitu pelabuhan Atapupu yang merupakan pelabuhan kargo dan minyak, dan pelabuhan Teluk Gurita yang merupakan pelabuhan penumpang (ferry) yang melayani rute Atambua -Alor.
Sumber Wikipedia

 Perbatasan Motain Atambua - Timor Leste

Sekitar 30 Km  dari kota Atambua, Perbatasan ini berbatasan langsung dengan Ambeno District Oecusse, Timor Leste. 















Suasana pemeriksaan di perbatasan di Timor Leste


Gerbang selamat jalan di wilayah NKRI
Penjaga perbatasan dari TNI










Penjaga Perbatasan tentara Timoer Leste























Tidak ada komentar: