Selasa, 02 Desember 2014

Pantai Lakey/Lakey Beach Dompu sumbawa



Craig Anderson, hairball spin, Lakey Peak, Sumbawa


Deskripsi
Pantai Lakey dikenal juga dengan "Pantai Kidal" karena ombaknya memiliki sapuan kekiri bukan kekanan, pertama kali dipublikasikan didunia sejak kedatangan "Grasshoper" dari Sydney.pada tahun 1980, We often hear the phrase "this is what Bali was like 25 years ago", though Grasshopper says.
Di pantai Lakey pernah  diselenggarakan kompetisi selancar tingkat dunia “Lakey Peak Sultan Cup 2009” yang diikuti oleh 50 peselancar dari berbagai negara.

 

Type Ombak
Pantai ini memiliki empat type ombak yaitu The Left - Handers "Nungas" yang merupakan jenis ombak mendatar dan "lakey Pipe" yang sesuai namanya sapuan ombaknya menyerupai pipa. yang dapat dicapai dengan cara mendayung atau berjalan sekitar 400 m dari Aman Gati Hotel. dua type lainnya " Lakey Peak" merupakan type ombak yang paling menantang karena bagian kiri seperti dinding air seperti terowongan yang panjang dan bagian kanannya adalah gulungan ombak dan yang terakhir adalah "periscope" sehingga peselancar seperti bergerak dalam teropong air, dapat dicapai dengan 1 km jalan kaki dan mendayung sekitar 800 m.


Lokasi
Pantai Lakey terletak di terletak di pulau sumbawa, tepatnya di kecamatan Hu`u kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat, untuk mencapai pantai ini, jalur terbaik adalah melalui bima, dari bandara anda dapat menyewa kendaraan dengan biaya sekitar Rp 400 rb dengan waktu tempuh sekitar dua jam
atau dari Bandara muhammad Salahudin bima, anda bisa menggunakan bis dengan tujuan Dompu yang bisa dicegat didepan bandara dengan ongkos kurang lebih Rp 50.000,-per orang dan turun di terminal Ginte Kabupaten Dompu dan dilanjutkan dengan naik bemo menuju Lakey.alternatif lainnya adalah dari Lombok/sumbawa besar anda dapat naik bis dan turun di terminal ginte dilanjutkan dengan naik bemo menuju lakey, waktu tempuh perjalanan darat sekitar lima jam terhitung dari sumbawa, sekitar 11 jam apabila dari lombok.



Waktu Kunjungan terbaik
Meskipun empat type ombak di pantai Lakey ini ada sepanjang tahun, waktu terbaik untuk melakukan kunjungan adalah pada bulan april - mei. selain keindahan pantainya, di dekat pantai Lakey ini juga terdapat Goa peninggalan Tentara Jepang yang terletak di atas sebuah bukit yang menghadap langsung ke lautan sepanjang pantai Lakey, dan juga Situs Nangasia yang keberadaannya diperkirakan telah ada sejak tahun 4.500 SM.


Penginapan
Di pantai Lakey terdapat sekitar 10 hotel/penginapan dengan rate kamar mulai dari Rp 100 Rb/night, salah satunya adalah "Amangati Hotel" yang dibuka sejak tahun 1994. pemiliknya berasal dari australia, Hotel ini dilengkapi dengan 40 kamar diatur dalam campuran arsitektur modern dan lokal dengan teras pribadi atau balkon atas melihat sebuah tropis pengaturan eksotis taman halaman. Kamar yang dilengkapi dengan tempat tidur besar, kamar mandi pribadi dengan bak mandi dan air panas dan dingin, 30 kamar ber-AC dan sisanya dengan kipas langit-langit. Hotel ini juga memiliki beberapa Bungalows untuk pasangan yang ingin privasi ekstra.
Fasilitas hotel
  •     Beach Front Bar & Restaurant
  •     Layanan Telekomunikasi
  •     Kolam Renang
  •     Saluran TV satelit
  •     Parkir luas
  •     Layanan laundry
  •     Layanan Pos
  •     Layanan taksi
  •     Tiket
  •     Toko Hadiah
  •     Meja bilyar
  •     Tenis Meja



Alternatif lain untuk penginapan adalah "Balumba Cottage"

Berikut beberapa foto yang di ambil diseputar pantai Lakey dari berbagai sumber :











Tidak ada komentar: