Selasa, 02 Desember 2014

Investigasi ke Tobelo Halmahera Utara


Ini adalah salah satu perjalanan dinas dengan route terpanjang yang pernah saya alami, penerbangan dari jakarta-Ternate (+transit memakan waktu sekitar 3 jam), dari bandara menuju pelabuhan menggunakan taksi (sekitar Rp 100.000,-) memakan waktu sekitar 20 menit, pelabuhan ternate menuju Sofifi (pelabuhan pulau Halmahera) sekitar 1.5 jam tergantung speedboat yang digunakan, sebagai catatan biaya sewa boat disini tergantung dari jumlah mesin yang digunakan pada speed tersebut, rata-rata ditiap speedboat ada 3 s/d 4 mesin.

selanjutnya dari sofifi menuju Tobelo memakan waktu 4 jam menggunakan travel yang bisa dibooking 1 mobil langsung atau  apabila anda sendirian atau hanya berdua sebaiknya anda menumpang travel bersama-sama dengan penumpang yang lain dengan biaya yang lebih murah.
jangan  bayangkan travel disini seperti travel dijawa, atau daerah lain, travel di Halmahera terdiri dari berbagai jenis mobil mulai dari avanza, kijang inova, yaris, Jazz hingga CRV.






Karena kebetulan kasus yang kami tangani kali ini lumayan besar, team pertama yang saya bawa sekitar 18 orang dari berbagai macam divisi. (team kedua menyusul kemudian sebanyak 14 personil).karena banyaknya anggota team, Di sofifi sendiri kami menyewa 4 mobil untuk perjalanan menuju Tobelo.
Team pemeriksaan pertama


Berbicara tentang wisata, perlu waktu yang cukup lama untuk mengeksplorasi tempat-tempat wisata yang di Halmahera utara (tobelo) saking banyaknya. namun karena jadwal pemeriksaan yang cukup padat, saya awalnya tidak terlalu antusias untuk mengunjungi seluruh tempat wisata di Tobelo.tapi hal tersebut berubah ketika suatu hari, seingat saya hari minggu ( saya lupa tanggalnya),saya duduk sambil ngopi didepan penginapan, tiba-tiba ada bule cewek mondar-mandir kebingungan, sekilas terdengar dia bertanya dalam bahasa indonesia yang kurang jelas sambil menunjukan gambar pada tabnya pada orang yang lewat. karena kasihan melihatnya mondar mandir, saya menghampiri bule tersebut dan menanyakan tujuannya, dan ternyata dia ingin pergi ke danau galela, namun tidak menemukan mobil atau ojek yang bersedia membawanya kesana, maklum jarak kota tobelo dengan danau galela sekitar 1.5 s/d 2 jam. spontan saya bilang kedia, bahwa saya bersedia mengantarkan dia karena saya juga belum pernah melihat danau galela, dan ternyata dia bersedia saya anterin, pada saat saya mengeluarkan mobil kantor yang selama pemeriksaan memang standby dihotel, 3 anggota team menyatakan pengen ikut juga, waduh, ne bule bisa jadi mengurungkan niatnya kalau dia sendiir ditemani oleh 4 cowok yang tidak dikenal didalam 1 mobil. pada saat saya menjelaskan bahwa teman saya juga pengen ikutan bule tersebut ternyata tidak keberatan, wah-wah.

Dalam perjalanan saya baru mengetahui bahwa dia ( lagi-lagi saya lupa namanya) berasal dari Perancis, dan tobelo adalah tujuan terahirnya setelah sebelumnya dia mengunjungi banyak daerah di sumatera, sulawesi dan terahir maluku, dan luar biasanya perjalanan itu dia lakukan sendirian. karena dia membawa tab dan kamera DSLR, dia bercerita sambil menunjukan foto-foto yang dia ambil selama perjalanan di indonesia.sayangnya karena terlalu mendadak dan buru-buru saya tidak sempat membawa kamera sendiri, gambar yang saya ambil hanya melalui HP Nokia Jadul yang sempat saya samber di hotel sedangkan sebagian besar gambar diambil menggunakan kamera si Bule yang oonya lagi saya lupa minta di Back Up ke Laptop setelah di hotel.

karena ceritanya hanya menemani maka tujuan tempat wisata kami mengikuti agenda si Bule, untuk foto2nya saya terpaksa sunting dari berbagai sumber di internet, tapi gpp lah, next time mudah2an 3 rekan saya yang lain masih menyimpan (pada saat menulis ini saya sudah tidak sekantor dengan mereka). berikut tempat-tempat wisata yang kami kunjungi.

Danau Galela

Danau ini cukup bersih, sayang kurang terawat, hampir seluruh permukaan danau dipenuhi Enceng Gondok, dibagian sebelah barat anda bisa menemukan beberapa restoran dipinggir danau yang menyajikan berbagai jenis ikan bakar



Goa Jepang

Letaknya searah dengan danau galela, dari jalan raya dapat dicapai dengan berjalan kaki melewati kebun pala sekitar 10 menit, kami tidak jadi masuk kedalam goa, karena ternyata ada ular yang bertengger dilangit2 goa, jadi kami hanya mengambil gambar didepan goa, kalau ga salah saya masih menyimpan beberapa gambar yang saya simpan di HP Nokia, next akan saya upload 

Telaga Biru

Pantai Luari

Tanjung Kakara

Untuk tanjung Kakara kunjungan saya lakukan pada minggu berikutnya bersama-sama dengan teman-teman kantor cabang Tobelo. untuk menuju ketempat ini kita bisa menyewa perahu kecil yang banyak berada di pelabuhan Tobelo.










Pulau Dodola




Diving di Pulau Tagalaya




Pulau Kumo





Tidak ada komentar: